Jumat, 04 Maret 2011

BOHONG ADALAH AKHLAQ TERCELA

A. Mengindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab


Musailamah adalah seorang tokoh dari bani Hanifah yang mengaku sebagai seorang Nabi. Musailamah telah berbohong kepada masyarakat Arab dengan mengatakan bahwa dirinya adalah seorang Nabi.
Musailamah mempunyai kekuasaan di wilayah Yamamah. Dengan bekal kekuasaannya tersebut ia mengaku sebagai seorang Nabi. Oleh karena itu, tidak heran jika penduduk Yamamah waktu itu banyak yang menikutinya. Akan tetapi, setelah Musailamah meninggal, para pengikutnya tidak ada lagi. Tidak seperti umat Islam, walaupun Nabi Muhammad saw telah wafat, tapi pengikutnya semakin banyak hingga sekarang. Hal ini menunjukkkan bahwa kebenaran akan selalu di ikuti orang sedang kebohongan akan diabaikan orang.

Agar lebih jelas, mari kita pelajari uraian tentang sifat bohong berikut :

1. Pengertian Bohong

Bohong adalah menyatakan sesuatu tidak sesuai dengan kenyataan atau menyatakan sesuatu berlainan dengan sebenarnya. Misalnya, Faktanya merah tetapi dikatakan berwarna putih atau yang lainnya.
Bohong sering disebut juga dusta. Dalam Bahasa Arab, Bohong disebut Kadziba. Musailamah mendapat gelar Al Kadzab karena ia suka berbohong. Berbohong atau berdusta termasuk akhlaq yang tercela karena akan merugikan orang lain. Untuk itu, sebagai anak islam ketika berbicara harus jujur atau mengatakan sesuatu sesuai dengan kenyataanya.

2. Hukum berbohong

Berbohong hukumya dosa besar. Dalam hal ini Nabi saw menjelaskan dalam hadits berikut :

“ Jauhkanlah dirimu dari dusta, karena sesungguhnya dusta itu membawa kepada kejahatan dan sesungguhnya kejahatan itu akan membawa ke Neraka “ ( Muttafaq”alaih )

Kita sering mendengar, baik di radio, televisi, maupun membaca surat kabar, betapa banyak kejahatan penipuan yang telah merugikan banyak orang. Karena merugikan banyak orang tersebut, tidak heran jika berbohong termasuk dosa besar. Nabi Muhammad saw menyatakan bahwa berbohong termasuk salah satu ciri orang munafiq yang nantinya akan dimasukkan kedalam neraka yang paling bawah.
Sebagai anak muslim, kita harus menghindari perilaku bohong dalam kehidupan sehari – hari.

3. Kerugian akibat perilaku bohong

Beberapa kerugian orang yang suka berbohong antara lain sebagi berikut :
a. Hatinya selalu tidak tenang karena takut kebohongannya diketahui orang/ terbongkar
b. Tidak akan dipercaya orang lagi ketika berbicara
c. Dijauhi masyarakat


BERBOHONG ITU AKAN MERUGIKAN DIRI SENDIRI
DAN ORANG LAIN LHO,
MAKA JAUHILAH SIFAT BOHONG.

Tidak ada komentar: