Sabtu, 31 Maret 2012

Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran

1. Coding

/**
* @(#)luasdankelilinglingkaran.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2012/3/31
*/

import java.io.*;
public class luasdankelilinglingkaran {

public static void main(String args[]){

try{

float nilair;

float kel;

float luas;

float pi = 3.14f;

System.out.println("Menghitung Luas Dan Keliling Lingkaran");

System.out.print("Masukan Jari Jari R:");

BufferedReader r = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));

nilair = Float.parseFloat(r.readLine());



kel = 2 * pi * nilair;

luas = pi * (nilair * nilair);

System.out.println("Luas Lingkaran : " + luas);

System.out.println("Keliling Lingkaran : " + kel);

}

catch (IOException ie){

System.out.println(ie.getMessage());

}

}


}


2. Hasil


Menghiting Luas dan Keliling Menggunakan Program Java

Untuk menghitung luas dan keliling pada Persegi Panjang dan Segitiga maka diperlukan coding sebagai berikut:

/**
* @(#)hitungan.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2012/3/31
*/

// Karena menggunakan InputBufferdReader maka menggunakan java.io

import java.io.*;
public class hitungan {

public static void main (String[] args) throws Exception
{
InputStreamReader aku=new InputStreamReader(System.in);
BufferedReader satu=new BufferedReader(aku);
//Variabel
String a1,a2,a3,a4,a5;
double m1,m2,m3,m4,m5,m6,m7,m8,m9;

//Masukan Data
System.out.println("\n Menghitung luas dan keliling");
System.out.println();
System.out.print("Input Panjang :");
a1=satu.readLine();
System.out.print("Input Lebar :");
a2=satu.readLine();
System.out.print("Input Tinggi :");
a3=satu.readLine();
System.out.print("Input Alas :");
a4=satu.readLine();
System.out.print("Input Sisi :");
a5=satu.readLine();

//Konversi Tipe Data
m1=Double.parseDouble(a1);
m2=Double.parseDouble(a2);
m3=Double.parseDouble(a3);
m4=Double.parseDouble(a4);
m5=Double.parseDouble(a5);

//m6=Luas persegi panjang, dengan rumus=panjang*lebar
//m7=Keliling, dengan rumus:2*(panjang+lebar)
//m8=Luas Segitiga, dengan rumus=1/2*(alas*tinggi)
//m9=Keliling Segitiga, dengan rumus=sisi+sisi+sisi
m6=m1*m2;
m7=2*(m1+m2);
m8=0.5*(m3*m4);
m9=(m3+m4+m5);

//HASIL
System.out.println("\n--------------------------------------------------------------------------------------------------");
System.out.println("\n Luas Persegi Panjang ="+m6);
System.out.println("\n Luas Segitiga ="+m8);
System.out.println("\n Keliling Persegi Panjang ="+m7);
System.out.println("\n Keliling Segitiga ="+m9);

}


}


Hasil


Selasa, 27 Maret 2012

Method dan Parameter pada Java

Method
Sebuah method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik di dalam kelas. Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur. Fungsi adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil. Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.

Berikut adalah karakteristik dari method :
1. dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali
2. dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari fungsi
3. setelah method telah selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method yang Memanggilnya.

Deklarasi sebuah method
Method terdiri atas dua bagian yakni :
1. Method declaration
2. Method Body

Method dapat digambarkan sebagai sifat (behavior) dari suatu class. Untuk mendefinisikan method pada dalam class digunakan sintaks sintaks
[modifier] nama_method( [parameter] ) { methode body }

Contoh : public int Perkalian (int y;int z) { methode body }

Modifier pada method
Modifier menentukan level pengaksesan sebuah method. Hal ini menentukan apakah sebuah method bias diakses oleh objek lain, objek anak, objek dalam satu paket atau tidak dapat diakses oleh suatu object sama sekali berikut adalah beberapa jenis level access:
• Public
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi/method dapat diakses oleh kelas lain.
• Private
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi atau method tidak dapat diakses oleh kelas lain
• Protected
Atribut ini menunjukan bahwa fungsi atau method bisa diakses oleh kelas lain dalam satu paket dan hanya kelas lain yang merupakan subclass nya pada paket yang berbeda.
• Tanpa modifier
Atribut ini menunjukan bahwa method dapat diakses oleh kelas lain dalam paket yang sama.
• Abstract
Fungsi tidak memiliki implementasi.
• Final
Method tersebut tidak dapat dioverride oleh kelas turunan.
• Static
Method dapat diakses tanpa harus melakukan instantiasi terlebih dahulu.


Contoh 1:

1. public class Main
2. {
3. public static void main(String[] args)
4. {
5. Print();
6. }
7. static void Print()
8. {
9. System.out.println("Method Print Sukses Dipanggil!!!");
10. }
11. }

Contoh 2:

1. public class Main
2. {
3.
4. public static void main(String[] args)
5. {
6. Maksimum(5, 7);
7. }
8. static void Maksimum(int a, int b) {
9. if(a>b) {
10. System.out.println("Nilai Maksimumnya Adalah : "+a);
11. }
12. else if(a

Parameter
Bagian parameter diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Parameter apabila lebih dari satu akan dipisahkan dengan tanda koma (“,”) parameter-parameter pada fungsi-fungsi di java akan di by pass value yang artinya pada tiap fungsi tidak akan dapat merubah isi dari variable parameter yang dimasukan.

Untuk memanggil method dapat digunakan sintaks sebagai berikut:
namaObyek.nama_method( [parameter] );

Contoh :

class manusia {
int tinggi, berat;
void init(int x, int y) {
tinggi = x;
berat = y; }
public static void main(String args[]) {
manusia putri = new manusia(); //pembuatan objek manusia
putri.init(170,50); //memanggil method init dgn mngirim nilai 170&50
System.out.println(“tinggi = “+ utrid.tinggi + “ berat = “+ utrid.berat); }
}
out : tinggi = 170 berat = 50

Referensi:
1. jamilah.staff.gunadarma.ac.id/.../CLASS+DAN+OBYEK+Java1.doc
2. viyan.staff.gunadarma.ac.id/.../3_Pengertian_Class_Object_Method.p
3. http://djogjakarta.blogdetik.com/hr/method-pemograman-java/
4. http://yohandamandala.blogspot.com/2009/11/method-in-java.html

Membentuk Segitiga Bintang

Berikut ini adalah listing untuk membentuk segitiga bintang:

/**
* @(#)tugas2.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2012/3/28
*/


public class tugas2 {
public static void pertama()
{
for (int a=0;a<6;a++)
System.out.print("*");
}
public static void kedua()
{
for (int a=0;a<5;a++)
System.out.print("*");
}
public static void ketiga()
{
for (int a=0;a<4;a++)
System.out.print("*");
}
public static void keempat()
{
for (int a=0;a<3;a++)
System.out.print("*");
}
public static void kelima()
{
for (int a=0;a<2;a++)
System.out.print("*");
}
public static void keenam()
{
for (int a=0;a<1;a++)
System.out.print("*");
}


public static void main(String[] args)
{
System.out.println("Segitiga Bintang Bernilai 4");
System.out.println();
pertama();
System.out.println();
kedua();
System.out.println();
ketiga();
System.out.println();
keempat();
System.out.println();
kelima();
System.out.println();
keenam();
System.out.println("\n");

}


}

Hasil





Kalkulator


Berikut ini adalah listingnya:

/**
* @(#)calculator.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2012/3/28
*/


class calculator {


int a1;
int a2;
int a3;
int tambah ()
{
return a1 + a2;
}
int kurang ()
{
return a1 - a2;
}
void hitung (int a1,int a2,int a3)
{
a1 = a1;
a2 = a2;
a3 = a3;

}


}


/**
* @(#)calculatorhitung.java
*
*
* @author
* @version 1.00 2012/3/28
*/


public class calculatorhitung {

public static void main(String [] args)
{
calculator calculatorhitung = new calculator();
int tambah;
int kurang;
int bagi;
int kali;
int hitung;
calculatorhitung.a1 = 40;
calculatorhitung.a2 = 15;
calculatorhitung.a3 = 10;
System.out.println();
System.out.println(" Jumlah Tambah dan Kurang adalah : ");
System.out.println();
tambah = calculatorhitung.a1+calculatorhitung.a2;
System.out.println("Jumlah 40 + 15 adalah : " + tambah);
kurang = calculatorhitung.a2-calculatorhitung.a3;
System.out.println("Jumlah 15 - 10 adalah : " + kurang);
calculatorhitung.hitung (40,15,10);
System.out.println();

}


}

Hasil



Method