Senin, 15 Maret 2010

MENEBARKAN SALAM

Dalam kehidupan sehari – hari, kita sebagai seorang yang beragama islam ( Muslim ) seringkali dianjurkan untuk menebarkan salam apabila bertemu dengan orang lain, baik dengan Orang tua, Kakak, Adik, Tetangga, Guru, dan juga pada saat akan masuk rumah, Ruang kelas dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad saw yang di riwayatkan oleh Bukhari dan Muslim Yang berbunyi Barra ibn Azib r.a berkata “Rosulullah saw memerintahkan kita akan Tujuh perkara :

1. Menjenguk orang sakit
2. Mengiringi jenazah (berta’ziyah apabila ada yang meninggal)
3. Mendo’akan orang bersin
4. Menolong orang yang lemah
5. Membantu orang yang teraniaya
6. Menyebarkan salam
7. Melaksanakan sumpah dengan baik

Oleh karena itu, setelah kita tahu bahwa kita di anjurkan menebarkan salam jika bertemu dengan orang lain maka hendaklah kita mengamalkannya / mengerjakannya dan jangan mengucapkan kata Hallo, Hai dan lain sebagainya, tetapi Ucapkanlah Salam yang berbunyi :

“ ASSALAMU’ALAIKUM WA ROHMATULLOHI WA BAROKATUH “

Artinya :
“ Semoga keselamatan, Rahmat dan Barokah terlimpah / tercurah padamu “.


A. Pengertian dan hukum salam
Salam berasal dari Bahasa Arab yang berarti Keselamatan, sehingga Salam adalah Sesuatu Lafadz / kata yang di ucapkan kepada orang lain agar orang tersebut mendapatkan keselamatan, Rahmat dan Barokah ( di tambah nikmatnya ) oleh Allah swt baik di dunia sampai besok di akhirat ( masuk surga ).
Hukum Orang yang mengucapkan / menebarkan salam adalah Sunnah ( dikerjakan mendapat pahala sedangkan jika di tinggalkan tidak berdosa ), sedangkan Hukum orang yang menjawab salam adalah Wajib ( Dikerjakan mendapat pahala, sedangkan jika ditingggalkan mendapat dosa ).


B. Adab mengucapkan salam

1. Di ucapkan dengan Lafadz / bunyi yang benar ( sebagaimana tersebut diatas ) dan
jelas.
2. Mengucapkan maupun menjawab salam dengan tersenyum.
3. Apabila di beri penghormatan ( ucapan salam), maka balaslah dengan penghormatan (
ucapan salam ) yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam Surah An – Nisa’ ayat 86 yang artinya :“Apabila kalian di beri penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan lebih baik dari padanya atau balaslah penghormatan itu ( dengan yang serupa )”.
Oleh karena itu, jika ada yang mengucapkan salam padamu dengan Lafadz / bunyi Assalamu’alaikum maka jawablah Wa’alaikummussalam Wa rohmatullah, dan jika ada yang mengucapkan salam padamu Assalamu’alaikum Wa rohmatullah, maka jawablah Wa’alaikummussalam Wa rohmatullahi wa barokatuh, dan jika ada yang mengucapkan salam padamu Assalamu’alaikum Wa rohmatullahi wa barokatuh, maka jawablah Wa’alaikummussalam Wa rohmatullahi wa barokatuh.
4. Yang muda mengucapkan salam kepada yang lebih tua, yang lewat mengucapkan salam kepada yang duduk dan yang sedikit mengucapkan salam kepada yang banyak serta yang naik kendaraan memberi salam kepada yang berjalan kaki.
5. Jangan mengucapkan atau menjawab salam pada saat buang air. Hal ini sesuai dengan Hadits nabi Muhammad saw yang ber bunyi “ Dari Ibnu Umar r.a, Dia berkata , “ Ada seseorang lewat dan Rosulullah saw sedang buang air kecil. Orang itu mengucapkan salam kepada beliau dan rosulullah saw tidak menjawabnya ( Hadits Riwayat Muslim )
6. Mengucapkan salam atau menjawabnya dengan berjabat tangan, karena hal tersebut akan membuat dosa kedua oarng tersebut diampuni dosanya sebelum mereka berpisah.


C. Manfaat menebarkan atau menjawab salam

1. Dapat menumbuhkan rasa kasih saying antar sesama muslim
2. Menjadikan orang yang mengucapkan salam pertama kali maupun yang menjawabnya akan mendapat keselamatan, rahmat dan keberkahan dari Allah swt.
3. Diampuni dosa – dosanya.
4. Di hindarkan dari kejahatan dari orang – orang yang akan berbuat jahat kepada kita.

Tidak ada komentar: