Senin, 15 Maret 2010

DISIPLIN

A. Keuntungan disiplin dan akibat tidak disiplin

Disiplin adalah suatu sikap mematuhi seluruh peraturan atau tata tertib. Sikap disipiln itu merupakan perintah Allah swt dan rosul-Nya. Agama islam dapat ditegakkan karena pemeluknya disiplin dalam enjalankan syariat – syariat ialam. Disiplin itu merupakan modal utama untuk meraih kemajuan, semua kejayaan dan kesuksesan itu dimulai dari perilaku disiplin. Sebaliknya, kegagalan atau bahkan kehancuran merupakan akibat dari tidak disiplin dalam menjalankan segala aturan – aturan yang telah ditetapkan.
Demikian pula dalam kehidupan sehari – hari. Kita harus melakukan segala hal dengan disiplin. Misalnya, setiap pagi bangun pukul setengah lima karena kita harus melakukan shalat subuh. Maka walaupun rasanya malas sekali, kita harus paksakan bangun dan mengerjakan shalat. Hal itu harus kita kerjakan setiap hari terus menerus, karena sudah merupakan aturan yang wajib dipatuhi.
Apakah keuntungan orang yang bersikap disiplin itu ? Diantaranya adalah :
1. Timbul rasa percaya diri
2. Merasa tenang
3. Tidak merasa ketakutan
4. Dapatmengerjakan tugas tepat pada waktunya.

Orang yang tidak disiplin akan memperoleh banyak kerugian. Misalnya pengemudi yang tidak disiplin akan membahayakan dirinya dan orang lain. Petani yang tidak disiplin dalam menggarap sawahnya, tidak akan memperoleh hasil panen yang memuaskan. Karyawan yang tidak disiplin dalam bekerja akan merugikan perusahaannya. Demikian pula pelajar yang tidak disiplin dalam belajarnya, tidak akan mendapatkan nilai yang baik.
Salah satu sikap disipiln yang sangat utama adalah disiplin waktu. Semua ibadah dalam islam berkaitan dengan disiplin waktu. Misalnya, Shalat 5 waktu. Mengerjakan shalat itu harus dikerjakan pada waktu yang telah ditetapkan. Contoh lain adalah puasa. Walaupun sangat lapar dan haus, tetapi tetap tidak boleh makan dan minum apabila belum tiba waktunya berbuka puaa.
Manusia akan senantiasa beruntung apabila dapat menggunakan waktunya untuk berbuat kebajikan. Dan sebaliknya manusia akan sangat merugi apabila dalam kehidupannya menyia-nyiakan waktu hanya untuk hal – hal yang tidak bermanfaat. Perhatikan firman Allah swt dalam surat Al – 'Ashr berikut.
1. Demi waktu
2. Sesungguhnya manusia itu benar – benar berada dalam kerugian
3. Kecuali orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasehat – menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat – menasehati supaya menetapi kesabaran
( Q.S Al – ’Ashr : 1 – 3 )

Sikap disiplin itu harus dilakukan dalam setiap kegiatan. Dalam beribadahpun kita harus disipilin. Semua ibadah melatih kita untuk bersikap disiplin. Oleh sebab itu, apabila ibadah sudah kita laksanakan dengan baik dan tertib, maka dalam kehidupan sehari – hari pun akan terbiasa berperilaku disiplin.

B. Sikap orang yang disiplin

Sikap disiplin itu harus diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari, baik di rumah, sekolah,, maupun di masyarakat. Mulailah disiplin itu dari diri kita sendiri. Seperti disiplin dalam beribadah, menggunakan waktu, berpakaian, belajar, bekerja dan sebagainya.

1. Disiplin dalam keluarga

Keluarga adalah tempat kehidupan bersama antara ayah, ibu dan anak- anaknya. Dalam keluarga pula kita dibesarkan dan mulai diberi pendidikan oleh ayah dan ibu. Di dalam keluarga ada aturan – aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi oleh setiap anggota keluarga. Tata tettib itu merupakan latihan pertama dalam penerapan disiplin. Apabila dalam keluarga telah terbiasa hidup disiplin, maka akan terbiasa pula berperilaku disiplin di mana pun berada.

2. Disiplin di sekolah

Sekolah adalah tempat kita belajar dan menuntut ilmu. Setiap sekolah mempunyai peraturan dan tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua warga sekolah itu. Tahukah kamu siapa saja yang termasuk warga sekolah ?
Tata tertib yang telah ditentukan oleh sekolah tersebut wajib dipatuhi dan dilaksanakan. Nah, kamu juga harus mematuhi tata tertib disekolahmu. Mematuhi tata tertib itu merupakan perilaku disiplin

Tidak ada komentar: